Untag Surabaya Tuan Rumah International Conference on PHENMA 2023

Senin, 09 Oktober 2023 - 07:44:04 WIB
Dibaca: 136 kali

Untag Surabaya Tuan Rumah International Conference on PHENMA 2023

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menjadi tuan rumah dalam kegiatan tingkat internasional. ‘International Conference Physics and Mechanics of New Materials and Their Applications (PHENMA) pada 3 Oktober hingga 8 Oktober 2023.

Seremonial International Conference dihadiri secara langsung oleh Pengurus Yayasan Perguruan 17 Agustus (YPTA) dan Rektor yang didampingi para pejabat struktural Untag Surabaya ini digelar secara tatap muka di Gedung Pusat Yayasan dan Rektorat lantai enam, (4/10).

Untag Surabaya, Southern Federal University Rusia dan National Kaohsiung University of Science and Technology Taiwan selaku pemilik kursi konferensi. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menarik peneliti dari negara-negara Asia dan Kawasan Samudera Asia-Pasifik, negara-negara lain untuk memenuhi penelitian bersama dan kolaborasi ilmiah.

Ketua Pelaksana PHENMA 2023 — Erni Puspanantasari Putri, S.T., M.Eng., Ph.D mengatakan Phenma menerima 350 abstraksi dan berasal dari 16 negara, diantaranya dosen dan mahasiswa Untag Surabaya mengirimkan 140 abstraksi. "Phenma memberikan wadah di setiap proyek penelitiannya yang diseleksi untuk bisa masuk ke Nova Science Publisher USA, Springer UK, dan semoga selama enam hari kegiatan ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi perkembangan tujuan PHENMA," ujarnya. Erni juga menambahkan bahwa pemaparan penelitian juga dilakukan secara hybrid.

Erni juga menyampaikan bahwa Untag Surabaya sudah mulai bekerja sama mulai dari 2016 dalam menangani kegiatan PHENMA. “PHENMA tahun 2023 yang ke-11 ini, Untag Surabaya kembali dipercaya menjadi tuan rumah setelah tahun 2016 lalu,” kata Erni yang juga sebagai general secretariat di struktur Phenma.

Mewakili Fakultas Teknik, Wakil Dekan I Fakultas Teknik Untag Surabaya — Ir. Gatut Priyo Utomo, M.Sc menyampaikan sangat senang dengan hadirnya kegiatan positif ini untuk peningkatan mutu jaminan pendidikan secara global. “Kegiatan ini mencerminkan komitmen untuk peningkatan perkembangan global melalui kolaborasi berbagi pengetahuan dan wawasan,” tuturnya.

Melalui serangkaian awal penulisan abstrak pada 1 Mei 2023 yang diikuti dengan informasi pendaftaran pada 1 Juni 2023. Adanya kegiatan ini juga bisa menjadi media promosi bagi Untag Surabaya di Kancah Internasional dalam bidang kemajuan penelitian.

Sementara itu, Rektor Untag Surabaya — Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA menyambut baik kedatangan para tamu PHENMA di Kampus Merah Putih. Prof. Nugroho juga menyampaikan adanya konferensi ini sangat penting untuk membawa pemikiran baik untuk kedepannya, tentunya dengan persiapan Go Internasional. “Terima kasih kepada tamu PHENMA 2023 dan selamat datang di Kampus Merah Putih, Kampus Nasionalis Untag Surabaya. Semoga kegiatan ini menjadi titik awal untuk membawa pemikiran untuk perkembangan pengetahuan bagi kita semua, sehingga nantinya Untag Surabaya juga semakin matang dan siap dalam Go Internasional," tukasnya.

Konferensi ini menghadirkan Prof. Dr. Shun-Hsyung Chang dari Taiwan, Dr. Yu. E. Drobotov dari Rusia dan Dr. Prateek Upadhyay dari India untuk saling menukar ide tentang pengetahuan eksperimen fisika sebagai implementasi bagi masyarakat. Mereka juga menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang ramah setibanya di Surabaya. “Keramahan masyarakat Indonesia terutama masyarakat Surabaya ketika kami tiba perlu diapresiasi,” ujar Prof. Chang.

Pada kesempatan ini selain menjadi tuan rumah, Untag Surabaya juga menjadi partisipan pada kegiatan ini. Wakil Rektor I — Harjo Seputro, S.T., M.T menyampaikan bahwa Untag Surabaya juga mempunyai potensi yang sangat luar biasa untuk mengembangkan material yang ada. “Pengembangan material yang ada juga menjadi faktor Untag Surabaya menjadi partisipan selain menjadi tuan rumah kegiatan,” tuturnya. (iy/rz)

Sumber : https://untag-sby.ac.id/web/beritadetail/untag-surabaya-tuan-rumah-international-conference-on-phenma-2023.html


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya