Mengusung Ecopreneur, Untag Surabaya Raih Hibah Wirausaha Merdeka 2023

Jumat, 07 Juli 2023 - 14:26:49 WIB
Dibaca: 146 kali

Mengusung Ecopreneur, Untag Surabaya Raih Hibah Wirausaha Merdeka 2023

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya turut berbangga, pasalnya Kampus Merah Putih tersebut berhasil meraih dana hibah sebesar 1,9 Miliar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam pelaksanaan program Wirausaha Merdeka (WMK) Tahun 2023.

Sebagai Eco-Campus, dalam program WMK Untag Surabaya mengusung tema Ecopreneur dengan judul proposal ‘Empowering Ecopreneur For A Sustainable Future’. Tema tersebut mahasiswa didorong untuk berinovasi dan menciptakan solusi kreatif dan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan permasalahan lingkungan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Pelaksana program WMK 2023 Untag Surabaya - Luvia Friska Narulita, S.ST., M.T. “Sebagai eco-campus, Untag Surabaya memiliki tanaman hidroponik yang dikelola oleh para mahasiswa dan juga memiliki mesin pencacah plastik. Memang dari awal kampus sudah konsen dengan pelestarian lingkungan, sehingga fokus kami mendorong mahasiswa berwirausaha yang berkelanjutan serta ramah terhadap lingkungan,” ungkap Luvia yang sekaligus merupakan Kepala Pusat Inovasi Dan Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untag Surabaya.

 

Lebih lanjut, Luvia menerangkan nantinya dalam program WMK 2023 di Untag Surabaya akan dilaksanakan oleh ratusan mahasiswa. “Target kita dalam program ini 300 peserta yang terdiri dari 180 mahasiswa dari Untag Surabaya dan selebihnya dari kampus mitra Untag Surabaya,” ungkap Luvia.

 

Dijelaskan oleh Luvia, nantinya seluruh peserta akan dibagi menjadi kelompok kecil. “Dalam proses penyusunan prototype dan produk yang dipasarkan, mereka akan dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 5 mahasiswa." terangnya.

Sementara itu, menurut Luvia program WMK ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan. Tidak hanya itu, lanjut Luvia, mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan konversi 20 sks. “Melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan, mahasiswa akan terpantik dan semangat dalam berwirausaha. Selain itu mahasiswa yang mengikuti berhak melakukan konversi 20 sks ke mata kuliah tertentu,” ujarnya. (ms/rz)

Sumber : https://untag-sby.ac.id/web/beritadetail/mengusung-ecopreneur-untag-surabaya-raih-hibah-wirausaha-merdeka-2023.html


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya